Template Information

Home » » MAKALAH KIMIA INDUSTRI PLASTIK

MAKALAH KIMIA INDUSTRI PLASTIK


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Keselamatan dalam suatu industri sangatlah penting, mengingat bahwa dalam suatu industri memerlukan operator yang berkualitas dan menjalankan tugasnya dengan efektif dan efisien. Tetapi keselamatan dari operator juga amatlah penting karena dengan rasa aman seorang operator dapat bekerja dengan baik.
Bagi sebagian besar orang, kemasan makanan hanya sekadar bungkus makanan dan cenderung dianggap sebagai “pelindung” makanan. Sebetulnya tidak tepat begitu, tergantung jenis bahan kemasan.Sebaiknya mulai sekarang Anda cermat memilik kemasan makanan. Kemasan pada makanan mempunyai fungsi kesehatan, pengawetan,kemudahan, penyeragaman, promosi, dan informasi. Ada begitu banyak bahan yang digunakan sebagai pengemas primer pada makanan, yaitu kemasan yang bersentuhan langsung dengan makanan.Tetapi tidak semua bahan ini aman bagi makanan yang dikemasnya.Jaman dahuluwadah dan pembungkus makanan tidak lepas dari bahan-bahan yang bersumber dari alam khususnya daun-daunan seperti daun pisang, daun jagung, hingga wadah yang dianyam dari bambu, seperti besek misalnya.
Seiring dengan perkembangan teknologi dan gaya hidup, wadah dan pembungkus makanan alami tersebut mulai ditinggalkan masyarakat dan diidentikan dengan kumuh, tidak higienis, tidak praktis. Sehingga perlahan berganti dengan pembungkus/wadah buatan manusia yang kini biasa kita gunakan seperti kertas, pastik, kaleng dan styrofoam. Selama ini, wadah dan pembungkus makanan buatan yang modern itu memang menciptakan kesan praktis, simple dan bersih. Bagaimana dengan sisi negatifnya? seberapa aman wadah dan pembungkus buatan bagi kesehatan?

B.  Rumusan masalah
1.      Apa yang di maksud dengan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) industri kimia?
2.      Bahan-bahan kimia apa saja yang menyebabkan penyakit dalam industri plastik?
3.      Bagaimana teknik pengolahan limbah dari industri plastik ?

C.  Tujuan
1.      Mengetahui pentingnya pengetahauan mengenai keselamatan dan kesehatan kerja ( k.3 ) agar kegiatan industri dapat berjalan lancar dan aman.
2.      Mengetahui bahan-bahan apa saja yang dapat menimbulkan penyakit yang disebabkan dari industri pengolahan plastik.
3.      Mengetahui cara/prosedur pengolahan limbah yang baik.

D.  Manfaat
Dengan adanya keselamatan kesehatan kerja, maka dapat mengurangi resiko adanya kecelakaan dalam pelaksanaan suatu industri. Dengan demikian keselamatan pekerja dalam industri dapat lebih terjamin sehingga kegiatan industri dapat berjalan seperti yang diinginkan.


0 komentar:

Poskan Komentar

Contact Us !

konten

Tracking

Custumer Support

Product :

Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Share It

Pengikut

Share It

Cari Blog Ini

Memuat...