Template Information

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) - IKATAN KIMIA







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Ikatan Kimia




Oleh :
Nama               : Moh. Wildan Rahmat B Y
NIM                 : 208204126
Program Studi  : Pendidikan Kimia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(Pertemuan ke-6)


A.    Identitas Sekolah
Satuan Pendidikan         : SMA Negeri 16 Bandung
Kelas / Semester             : X / 1
Mata Pelajaran               : Kimia
Materi                             : Ikatan Kimia
Alokasi Waktu               : 2 X 45 menit (1 X  pertemuan)

Standar Kompetensi
1.      Memahami Struktur atom, Sifat-sifat periodik unsur, dan  Ikatan kimia
(Religius, disiplin, rasa ingin tahu, komunikatif, demokratis)

Kompetensi Dasar
1.2.       Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubunganya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.
 (Disiplin, religius, rasa ingin tahu, komunikatif, demokratis)

B.     Indikator
1.      Menjelaskan kestabilan unsur gas mulia.
2.      Menjelaskan  proses pembentukan ikatan ion
(Disiplin, rasa ingin tahu, komunikatif, demokratis)

C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu :
1.                                                                             Menjelaskan kestabilan unsur gas mulia.
2.    Menjelaskan  proses pembentukan ikatan ion






D.    Materi Pembelajaran

Ikatan Kimia
1.      Ikatan Ion
Unsur-unsur gas mulia terletak pada golongan VIIIA dalam sistem periodik. Unsur-unsur gas mulia, merupakan unsur yang inert. Keseluruhan unsur gas mulia, hanya tiga unsur yang dapat bereaksi dengan senyawa lain. Reaksi tersebut sangat sukar terjadi dan hanya berlangsung pada kondisi tertentu. Tiga unsur tersebut, Kr, Xe, dan Rn.
Menurut G.N Lewis dan W Kossel, kestabilan unsur gas mulia disebabkan oleh elektron valensinya yang berjumlah depalan, kecuali He yang hanya memiliki dua elektron valensi. Menurut mereka setiap atom dalam pembentukan senyawa membentuk konfigurasi elektron yang stabil yaitu konfigurasi elektron gas mulia yang disebut konfigurasi oktet. Oleh karena itu, dikenal ada kaidah oktet dan duplet.
Dalam pembentukan suatu senyawa, atom-atom unsur yang memiliki elektron valensi dalam jumlah sedikit misal golongan IA, IIA, dan IIIA memiliki kecenderungan mengikuti kaidah oktet. Unsur tersebut melepaskan elektron valensi membentuk ion positif. Sementara atom yang memiliki elektron valensi dalam jumlah banyak misal : IVA, VA, VIA dan VIIA. Memiliki kecenderungan mengikuti kaidah oktet dengan cara menerima elektron membentuk ion negatif.
Ikatan ion (disebut juga ikatan elektrovalen atau ikatan heteropolar) terjadi karena perpindahan elektron dari satu atom ke atom lain. Ikatan ion terjadi antara atom yang mudah melepaskan electron (elektropositif, umumnya atom logam golongan IA, IIA, dan IIIA) dan atom yang mudah menerima electron (elektronegatif, umumnya atom non logam VIA dan VIIA).
Sebagai contoh adalah pembentukan NaCl dari atom natrium (Na) dan gas klorin (Cl2) berikut:

11Na                                                11Na + e-
(2 8 1)                                             (2 8 )
17Cl + e-                                                         17Cl-
(2 8 7)                                             (2 8 8)



 Atom Na Memiliki konfigurasi elektron 2    8   1 , cenderung melepaskan sebuah elektron valensi sehingga membentuk  ion Na + ( 2     8 ). Atom Cl yang berkonfigurasi elektron 2   8   7  cenderung menerima sebuah elektron membentuk ion Cl- ( 2  8  8  8 ).
Na (2   8   1)                       → Na+ (2   8 ) + e
Cl (2   8  7) + e                   → Cl (2   8   8)

Ikatan antara ion Na+ dan ion Cl- disebabkan adanya gaya elektrostatis antara muatan positif dan muatan negatif. Ikatan yang terbentuk disebut ikatan ion. Rumus kimia NaCl adalah rumus empirisnya. Dengan berpatokan pada aturan oktet, maka rumus empiris senyawa ion dari pasangan logam dan nonlogam dapat diramalkan.
Adapun sifat-sifat senyawa ion adalah :
1.         Titik lebur dan titih didih larutan tinggi
2.         Mudah larut dalam pelarut polar
3.         Dalam fasa (padat), cair (lelehan dan larutan)
4.         Menghantarkan listrik dalam larutan

E.     Metode / Pendekatan
1.      Metode                        : Ceramah Bermakna, Diskusi dan Tanyajawab
2.      Pendekatan                 : Konsep
3.      Model                          : Student Teams-Achievement Divisions (STAD)





F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap Kegiatan
Rincian Kegiatan Guru / Siswa
Alokasi Waktu
A.    Pendahuluan
1)      Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa.
2)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
3)      Menyampaikan materi prasyarat, yaitu tentang konfigurasi elektron dan tabel periodik unsur.
4)     Menyampaikan pertanyaan motivasi :
dari 118 unsur yang sudahditemukan sekarang, hampir semuanya ditemukan dalam keadaan bersenyawa/berikatan dengan unsur lain, kecuali unsur-unsur gas mulia. Kenapa unsur-unsur berikatan?dan kenapa gas mulia tidak berikatan dengan unsur lain?
5)      Menyampaikan pertanyaan masalah :
Atom pada umumnya tidak berdiri sendiri, melainkan bergabung dengan atom lain membentuk molekul atau senyawa. Lalu bagaimanakah atom-atom lain dapat membentuk ikatan?”
 (Rasa ingin tahu, religius, komunikatif, tanggung jawab, disiplin)
10 menit
B.     Inti
Kegiatan Tatap Muka / Tugas Terstruktur
1)      Guru memberikan informasi berupa slide mengenai konsep dasar pembentukan suatu molekul adalah untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil seperti gas mulia.
2)      Guru menjelaskan tentang ikatan ion.
3)      Siswa membentuk kelompok heterogen yg terdiri dari 4-5 orang.
4)      Siswa berdiskusi dan menganilisis LKS diskusi mengenai ikatan ion
5)      Siswa dan guru membahas dan menganalisis jawaban soal
(Komunikatif, rasa ingin tahu)
60 menit
C.     Penutup
1)      Guru memberikan evaluasi kepada siswa.
2)      Siswa mengerjakan soal evaluasi yang diberikan oleh guru.
3)      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran.
4)      Guru memberikan reward kepada kelompok yang aktif.
5)      Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam.
 (Tanggung jawab, religius, disiplin, rasa ingin tahu)

20 menit

G.    Sumber Belajar
Sumber :
Poppy K. Devi dkk. 2009. Kimia 1 Kelas X SMA dan MA. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Budi Utami dkk. 2009. Kimia 1 untuk SMA / MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Ari Hernanto dan Ruminten. 2009. Kimia 1 untuk SMA / MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Alat Bantu : Soal evaluasi, LKS dan Powerpoint








H.    Penilaian
1.      Tes                   : Test tertulis (uraian).
2.      Non tes            :
a.       Test Sikap
No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Memperhatikan Pelajaran
Mencatat Pelajaran
Mengerjakan Tugas Tepat Waktu





























































Skala Nilai :     86 – 100          =  A
71 – 85            =  B
50 – 70            =  C
           < 50               =  D
3.      Instrumen        :

Tugas Terstruktur

1.      Perhatikan dan lengkapi tabel dibawah ini!
Unsur
Konfigurasi Elektron
Elektron valensi
Kecenderungan
K
L
M
N
11Na






17Cl






9F






12Mg






8O






(Skor : 25)

2.      Tentukan bagaimana pembentukkan ikatan ion yang terjadi antara :
a.       Na dan F
b.      Mg dan O
c.       Na dan O
(Skor : 75)

Kunci Jawaban

1.      Perhatikan dan lengkapi tabel dibawah ini!
Unsur
Konfigurasi Elektron
Elektron Valensi
Kecenderungan
K
L
M
N
11Na
2
8
1

1
Melepaskan 1 elektron
17Cl
2
8
7

7
Menerima 1 elektron
9F
2
7


7
Menerima 1 elektron
12Mg
2
8
2

2
Melepaskan 2 elektron
8O
2
6



Menerima 2 elektron
      ( Skor : 25 )

2.                                                                                                                                                         Pembentukkan ikatan ion antara Na dengan F
11Na ( 2   8   1 )                       Na+   ( 2   8 )   +  1 e             (melepaskan 1 elektron)
9F ( 2   7 )   +  1 e                   F    ( 2   8)                              (menerima 1 elektron)
Na+   +      F                    NaF
Pembentukan ikatan ion Mg dan O
Mg (2  8  2 )      →   Mg2+  (2  8)  + 2é     x 1
Cl   (2  7)  +  é   →   Cl-      (2  8)              x 2            
MgCl2     
Na (2    8   1 ) → Na+  (2    8) + e    x 2
O (2   6) + 2e → O2- (2   8)         x 1
Na+      +       O2-  →  2 Na+   +  O2-  → Na2O
( Skor : 75 )


4.      KKM               : 72


Bandung, 19 Oktober 2011
      Guru Mata Pelajaran                                                         Praktikan,






Nani Murtiningsih S.Pd                                              Moh. Wildan Rahmat B Y
                          NIP. 19590207 1983032 006                                     NIM. 207 202 277


Mengetahui,
Kepala SMAN 16 Bandung,                                     




Drs. Wahyudin
NIP. 19600903 1985011 002



Tawisan Pak Wahyudin2Tawisan Pak Wahyudin2LAMPIRAN I :
FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL

Jenjang Sekolah         : SMA                                                 Alokasi Waktu : 2 x 10 menit
Mata Pelajaran           : KIMIA                                              Jumlah Soal     : 2
Kurikulum                 : KTSP
No.
Konpetensi Dasar
Bahan
Kls/Smt
Materi
Indikator Soal
Bentuk Tes
No Soal
1
Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubunganya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.
X/1
Ikatan Ion
Menentukan konfigurasi unsur dan kecenderungannya
Essay
1
2
X/1
Ikatan Ion
Mengidentifikasi pembentukan ikatan ion suatu unsur
Essay
2



LAMPIRAN II :
SOAL

No.
Indikator
Butir Soal
Keterampilan Berfikir
Skor
1
Menentukan konfigurasi unsur dan kecenderungannya
1.        Perhatikan dan lengkapi tabel dibawah ini!
Unsur
Konfigurasi Elektron
Elektron valensi
Kecenderungan
K
L
M
N
11Na






17Cl






9F






12Mg






8O






C2
40
2
Mengidentifikasi pembentukan ikatan ion suatu unsur
3.      Tentukan bagaimana pembentukkan ikatan ion yang terjadi antara :
d.      Na dan F
e.       Mg dan Cl
f.       Na dan O
C3
60







Kunci Jawaban
1.      Perhatikan dan lengkapi tabel dibawah ini!
Unsur
Konfigurasi Elektron
Elektron Valensi
Kecenderungan
K
L
M
N
11Na
2
8
1

1
Melepaskan 1 elektron
17Cl
2
8
7

7
Menerima 1 elektron
9F
2
7


7
Menerima 1 elektron
12Mg
2
8
2

2
Melepaskan 2 elektron
8O
2
6



Menerima 2 elektron
      ( Skor : 25 )
2.                                                                                                                                                         Pembentukkan ikatan ion antara Na dengan F
11Na ( 2   8   1 )                       Na+   ( 2   8 )   +  1 e             (melepaskan 1 elektron)
9F ( 2   7 )   +  1 e                   F    ( 2   8)                              (menerima 1 elektron)
Na+   +      F                    NaF
Pembentukan ikatan ion Mg dan Cl
Mg (2  8  2 )      →   Mg2+  (2  8)  + 2é     x 1
Cl   (2  7)  +  é   →   Cl-      (2  8)              x 2            
MgCl2     
Na (2    8   1 ) → Na+  (2    8) + e    x 2
O (2   6) + 2e → O2- (2   8)         x 1
Na+      +       O2-  →  2 Na+   +  O2-  → Na2O
( Skor : 75 )


LAMPIRAN III :
Lembar Kerja Siswa
Rounded Rectangle: Kelompok  : _____________________
Ketua       : _____________________
Anggota     : 
1. ___________________
2. ___________________
3. ......................................
4. ......................................
5. ......................................
             
             4.___________________
Rounded Rectangle: Nilai :









Petunjuk:
1.      Berdoalah sebelum mengerjakan soal-soal yang diberikan
2.      Siswa berkelompok secara heterogen dengan jumlah anggota dari masing-masing kelompok 4-5 orang
3.      Setiap kelompok menentukan koordinator kelompoknya (ketua kelompok)
4.      Jumlah soal sebanyak 3 butir dengan bobot skor yang telah ditentukan sebelumnya
5.      Masing-masing kelompok secara bersama-sama mengerjakan soal dimulai dari soal no. 1 dengan alokasi waktu yang telah ditentukan
6.      Setiap kelompok tidak diperkenankan untuk mengerjakan soal selanjutnya (2 dan 3) sebelum soal di no. sebelumnya dapat diselesaikan
7.      Soal yang sudah dikerjakan secepatnya dikumpulkan di tempat yang telah ditentukan.
̰̰





Selamat Mengerjakan


Pertanyaan !
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ikatan ion !
Rounded Rectangle: Jawab :





(Skor : 10)
  1. Tentukan konfigurasi elektron, elektron valensi dan kecenderungan dari unsur-unsur dibawah ini !
Unsur
Konfigurasi Elektron
Elektron Valensi
Kecenderungan
K
L
M
N
19K






9F






4Be






17Cl






8O






(Skor: 25)
  1. Tentukan proses pembentukan ikatan ion dari unsur :
a.       K dan F
b.      Be dan Cl
c.       K dan O
Rounded Rectangle: Jawab :(Skor : 60)


Jawaban !
1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan ikatan ion !
Rounded Rectangle: Jawab : Ikatan ion adalah ikatan yang terbentuk akibat adanya gaya tarik-menarik elektrostatik antara ion negatif (anion) dan ion positif (kation).





(Skor : 10)
2.      Tentukan konfigurasi elektron, elektron valensi dan kecenderungan dari unsur-unsur dibawah ini !
Unsur
Konfigurasi Elektron
Elektron Valensi
Kecenderungan
K
L
M
N
19K
2
8
8
1
1
Melepaskan 1 elektron
9F
2
7


7
Menerima 1 elektron
4Be
2
2


2
Melepaskan 2 elektron
17Cl
2
8
7

7
Menerima 1 elektron
8O
2
6


6
Menerima 2 elektron
(Skor: 25)
3.      Tentukan proses pembentukan ikatan ion dari unsur :
d.      K dan F
e.       Be dan Cl
f.       K dan O
(Skor : 60)
Jawab :
a.       Pembentukkan ikatan ion antara K dengan F
19K ( 2   8  8  1 )                      K+   ( 2   8  8 ) +  1 e             (melepaskan 1 elektron)
9F ( 2   7 )   +  1 e                   F    ( 2   8)                              (menerima 1 elektron)
K+   +       F                    KF
b.      Pembentukan ikatan ion Be dan Cl
Be (2  2 )      →   Be2+  (2  8)  + 2é            x 1
Cl   (2  7)  +  é   →   Cl-      (2  8)              x 2            
BeCl2  
  
c.       K  (2    8  8   1 ) → Na+  (2  8   8) + e    x 2
  O (2   6) + 2e → O2-       (2   8)               x 1
K+      +       O2-  →  2 K+   +  O2-  → Na2O
( Skor : 75 )

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us !

konten

Tracking

Custumer Support

Product :

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Pengikut

Cari Blog Ini