Template Information

RPP Kimia - Struktur Atom


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah            : SMAN 16 BandungMata Pelajaran         : KimiaKelas/Semester         : X/I
Materi                       : Struktur Atom
Waktu                      : 2 x 25 menit Jam pelajaran
I.              Standar Kompetensi
Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia.

II.           Kompetensi Dasar
Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.

III.        Indikator
1.        Menjelaskan tabel periodik menurut Dobereiner, J. Newlands, Mendeleev dan tabel periodik modern
2.        Menjelaskan dasar pengelompokan unsur-unsur di dalam tabel periodik
3.        Menjelaskan pengertian golongan dan periode pada tabel periodik modern

IV.        Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini siswa dapat :
1.      Menjelaskan tabel periodik menurut Dobereiner, J. Newlands, Mendeleev dan tabel periodik modern
2.      Menjelaskan dasar pengelompokkan unsur-unsur
3.      Menjelaskan pengertian golongan dan periode pada tabel periodik modern





Aspek Afektif
1.        Kerjasama
2.        Disiplin
3.        Sportif
4.        Kejujuran
5.        Etika










V.  Materi Pembelajaran
a.    Materi Prasyarat
1.    Partikel penyusun atom (elektron, proton, neutron)
2.    Nomor Atom dan Nomor Massa

V.      Materi Yang Dikembangkan
·      Perkembangan Sistem Periodik Unsur
1.        Triade Dobereiner
Johan W. Dobereiner (1828) mengelompokkan unsur-unsur berdasarkan kemiripan sifat. Tiap kelompok terdiri atas 3 unsur (triad). Ternyata terdapat kecenderungan di mana massa atom unsur yang di tengah merupakan rata-rata massa atom 2 unsur yang mengapit.
.


2.                  Hukum Oktaf Newlands
Usaha selanjutnya dilakukan oleh seorang ahli kimia asal Inggris bernama A. R. Newlands, yang pada tahun 1864 mengumumkan penemuannya yang disebut hukum oktaf. Newlands menyusun unsur berdasarkan kenaikan massa atom relatifnya. Ternyata unsur yang berselisih 1 oktaf (unsur ke-1 dan ke-8, unsur ke-2 dan unsur ke-9), menunjukkan kemiripan sifat. Hukum oktaf ini juga mempunyai kelemahan karena hanya berlaku untuk unsur-unsur ringan.Jika diteruskan, ternyata kemiripan sifat terlalu dipaksakan. Misalnya, Zn mempunyai sifat yang cukup berbeda dengan Be, Mg, dan Ca.


3.                  Sistem Periodik Mendeleev
Sesuai kegemarannya bermain kartu, Dimitri Mendeleyev (1869) mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang unsur, kemudian ia menulis pada kartu-kartu. Kartu-kartu unsur tersebut disusun berdasarkan kenaikan massa atom dan kemiripan sifat. Kartu-kartu unsur yang sifatnya mirip terletak pada kolom yang sama yang kemudian disebut golongan. Sedangkan pengulangan sifat menghasilkan baris yang disebut periode. Mendeleyev menempatkan unsur-unsur periode 5 berdampingan dengan unsur-unsur dalam periode 4.
Kelebihan Sistem Periodik Mendeleyev:
a.         Dapat meramalkan tempat kosong untuk unsur yang belum ditemukan (diberi tanda ?). Contoh: Unsur Eka-silikon (Germanium-Ge) berada di antara Si dan Sn.
b.        Menyajikan data massa atom yang lebih akurat, seperti Be dan U.
c.         Periode 4 dan 5 mirip dengan Sistem Periodik Modern. Contoh: K dan Cu sama-sama berada di periode 4 golongan I. Dalam Sistem Periodik Modern K digolongan IA dan Cu di golongan IB.
d.        Penempatan gas mulia yang baru ditemukan tahun 1890–1900 tidak menyebabkan perubahan susunan Sistem Periodik Mendeleyev.

Kelemahan Sistem Periodik Mendeleyev:
Adanya penempatan unsur yang tidak sesuai dengan kenaikkan massa atom. Contoh: 127I dan 128Te. Karena sifatnya, Mendeleyev terpaksa menempatkan Te lebih dulu daripada I. Dalam Sistem Periodik Modern yang berdasarkan kenaikkan nomor atom Te (Z = 52) lebih dulu dari I (Z = 53).

Dmitri Ivanovich Mendeleev dari Rusia dan Julius Lothar Meyer dari Jerman. Mereka berkarya secara terpisah dan menghasilkan tabel yang serupa pada waktu yang hampir bersamaan.

4.                  Sistem Periodik Modern
Tahun 1913 Henry Moseley menemukan bahwa urutan kenaikkan nomor atom sama dengan urutan kenaikkan massa atom. Hasil ini diperoleh berdasarkan pengelompokan unsur-unsur berdasarkan kenaikkan nomor atom yaitu Sistem Periodik Modern dan kemudian sering disebut Tabel Periodik Unsur. Di dalam Sistem Periodik Modern ditemukan keteraturan pengulangan sifat dalam periode (baris) dan kemiripan sifat dalam golongan (kolom).

A.       Golongan
Golongan adalah susunan unsur-unsur dalam SPU ke arah tegak (vertikal). Secara garis besar unsur-unsur dalam Tabel Periodik Modern dibagi dalam 2 golongan, yaitu:
1)      Golongan Utama (A), meliputi:
a)      golongan IA disebut golongan alkali
b)      golongan IIA disebut golongan alkali tanah
c)      golongan IIIA disebut golongan boron/aluminium
d)     golongan IVA disebut golongan karbon/silikon
e)      golongan VA disebut golongan nitrogen/fosfor
f)       golongan VIA disebut golongan oksigen/sulfur
g)      golongan VIIA disebut golongan halogen
h)      golongan VIIIA disebut golongan gas mulia.
2)      Golongan Transisi (B), meliputi:
Golongan IB sampai dengan VIIIB. Khusus golongan B akan dibahas di kelas XI.
B.     Periode
Periode adalah susunan unsur-unsur dalam SPU arah mendatar (horizontal). Periode dibagi 2 yaitu:
1)      periode pendek, meliputi:
a)      periode 1 terdiri atas 2 unsur
b)      periode 2 terdiri atas 8 unsur
c)      periode 3 terdiri atas 8 unsur.
2)      periode panjang, meliputi:
a)      periode 4 terdiri atas 18 unsu
b)      periode 5 terdiri atas 18 unsur
c)      periode 6 terdiri atas 32 unsur
d)     periode 7 belum lengkap.














VI.        Sumber/Alat Bantu
1)        Sumber       :
§   2009, Budi Utami, KIMIA SMA/MA, Untuk Kelas X, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Halaman 10 s/d. 16
§   2009. Ari Harnanto dan Ruminten. KIMIA SMA/MA. Untuk Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Halaman 8 s/d 11
Alat Bantu :  LKS dan PPT

VII.     Metode/Pendekatan
1          Metode       : Student Teams-Achievement Divisions (STAD)
2          Pendekatan : Konstektual
VIII.  Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Tatap muka
Rincian kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Tadarus, mencek kehadiran siswa, mengkondisikan agar siswa siap belajar. (religius)
a.        Pendahuluan (Apersepsi)
·           Prasyarat Pengetahuan
       Partikel dasar penyusun atom dan nomor atom dan nomor massa (komunikatif)
·           Motivasi
a.    Kan berdasarkan teori atom bohr yang telah kita pelajari, apakah kita dapat menentukan jumlah elektron yang menempati tiap kulit dari suatu atom
b.    Pernahkan kalian pergi ke perpustakaan? Biasanya di perpustakaan, buku-buku dikelompokan berdasarkan jenisnya, ada buku agama, sains, bahasa, dan sosial. Dengan pengelompokan tersebut, kita tidak kesulitan mencari buku yang kita butuhkan. Lalu bagaimana dengan unsur dalam sistem periodik? Apakah mengalami pengelompokan juga? (rasa ingin tahu)
·           Masalah
Apa yang mendasari pengelompokan unsur-unsur dalam sistem periodik?(Rasa ingin tahu)


b.        Kegiatan Inti
·           Eksplorasi
-          Siswa menyimak penjelasan materi konfigurasi elektron.
-          Guru menjelaskan secara singkat mengenai perkembangan sistem periodik. (tanggung jawab, kerjasama, toleransi)
-          Siswa membentuk kelompok yang anggotanya 4-5 orang secara heterogen (prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
-          Siswa berdiskusi tentang perkembangan dasar pengelompokan unsur dari mulai pengelompokan triade deboiner sampai ke sistem periodik modern.
·            Elaborasi
-            Siswa menganaliosis dan mengerjakan LKS diskusi perkembangan dasar pengelompokan unsur dari mulai pengelompokan triade deboinersampai ke sistem periodik modern. (tanggung jawab, komunikatif)
·           Konfirmasi
-            Siswa dan guru membahas dan menganalisis jawaban soal. (komunikatif)

c.         Penutup
-            Siswa menyimpulkan tentang perkembangan Sistem Periodik Unsur. (komunikatif)
-            Pemberian reward kepada kelompok yang aktif
-            Siswa diberi keempatan untuk bertanya (rasa ingintahu)
-            Siswa biberi penugasan terstruktur berupa LKS (tanggungjawab)



15 menit






















20 menit

















25 menit









10 menit










21    enit


2.      Penugasan Terstruktur
Penugasan pekerjaan rumah berupa LKS dan membuat resume mengenai Sistem periodik unsur dari internet

3.      Penugasan tidak Terstruktur
Mencari sumber belajar lain (buku, majalah, internet) yang berkaitan dengan sifat-sifat keperiodikan unsur-unsur dan konfigurasi elektron.



IX.        Penilaian (terlampir)
1.    Prosedur penilaian
1.1    Penilaian Kognitif
Jenis       : Tes Tulis
Bentuk   : Uraian
1.2   Penilaian  afektif
Bentuk   : lembar pengamatan sikap siswa.
2.      Insrumen penilaian
Penilaian kognitif :
Bentuk uraian : LKS
Penilaian afektif
Kelompok
Disiplin
Aktifitas
Kerjasama
Kejujuran
Etika
Rata-rata














Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 – 5
Penafsiran angka : 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5 = amat baik




                                                                                                Bandung,   Agustus 2011
Guru Pamong,                                                                         Praktikan,



Nani Murtiningsih S.Pd                                                          Moh. Wildan Rahmat B Y
  NIP.                                                                                         NIM. 207 202 277

Mengetahui,
                       Kepala SMA 16 Bandung,



                       NIP.


Lampiran 1

Soal

1.                  Dalam pengelompokan unsur-unsur menurut Hukum Triade Dobereiner Unsur Li, Na, dan K terletak pada satukelompok. Jika massa atom Li = 7 dan massa atom K =39 berapakah massa atom Na?
2.                  Pasangkan penemu tabel periodik yang tepat sesuai dengan bentuk tabel periodiknnya!
Penemu/Penggagas
Garis Hubung
Bentuk tabel periodik
Johan W. Dobereiner (1828)

A. R. Newlands (1864)
Dmitri Ivanovich Mendeleev (1869)
Henry Moseley (1913)

3.                  Jelaskan prinsip dasar yang digunakan mendeleev dalam pengelompokan unsur-unsur!
4.                  Bagaimana  cara Newlands mengelompokan unsur-unsur? Jelaskan!



Lampiran II

Jawaban

1.      Massa Atom Na = Massa atom Li + Massa atom K
2
Massa Atom Na =   7  +  39
2
Massa Atom Na = 23
(skor : 20)


2.       
Penemu/Penggagas
Garis Hubung
Bentuk tabel periodik
Johan W. Dobereiner (1828)

A. R. Newlands (1864)
Dmitri Ivanovich Mendeleev (1869)
Henry Moseley (1913)
(skor : 20)

3.      Prinsip pengelompokan  unusur-unsur yang ditemukan Mendeleev yaitu berdasarkan Massa atom relatif dan sifat-sifat unsurnya. (skor : 15)

4.      yaitu mengelompokan unsu-unsur berdasarkan kenaikan atom relatif, Ia menyatakan bahwa sifat-sifat unsur berubah secara teratur. Unsur pertama mirip dengan unsur ke delapan, unsur ke dua mirip dengan unsur kesembilan, dan seterusnya. (skor : 15)

Skor siswa =  Skor yang didapat  x 100                              skor total = 100
                           Skor total





























Lampiran 3
Lembar Kerja Siswa
Rounded Rectangle: Kelompok  : _____________________
Ketua       : _____________________
Anggota     : 
1. ___________________
2. ___________________
3. ......................................
4. ......................................
5. ......................................
             
             4.___________________
Rounded Rectangle: Nilai :
 







Petunjuk:
1.      Berdoalah sebelum mengerjakan soal-soal yang diberikan
2.      Siswa berkelompok secara heterogen dengan jumlah anggota dari masing-masing kelompok 4-5 orang
3.      Setiap kelompok menentukan koordinator kelompoknya (ketua kelompok)
4.      Jumlah soal sebanyak 5 butir dengan bobot skor yang telah ditentukan sebelumnya
5.      Masing-masing kelompok secara bersama-sama mengerjakan soal dimulai dari soal no. 1 dengan alokasi waktu yang telah ditentukan
6.      Setiap kelompok tidak diperkenankan untuk mengerjakan soal selanjutnya (2, 3, 4 dan 5) sebelum soal di no. sebelumnya dapat diselesaikan
7.      Soal yang sudah dikerjakan secepatnya dikumpulkan di tempat yang telah ditentukan.
̰̰





Selamat Mengerjakan



Pertanyaan !
1.      Dalam pengelompokan unsur-unsur menurut Hukum Triade Dobereiner Unsur Li, Na, dan K terletak pada satukelompok. Jika massa atom Li = 7 dan massa atom K =39 berapakah massa atom Na?
Jawaban,

 
(skor total 20, 2 menit)
Jawaban ________________________________________________________________









2.      Pasangkan penemu tabel periodik yang tepat sesuai dengan bentuk tabel periodiknnya!
Penemu/Penggagas
Garis Hubung
Bentuk tabel periodik
Johan W. Dobereiner (1828)

A. R. Newlands (1864)
Dmitri Ivanovich Mendeleev (1869)
Henry Moseley (1913)
(skor total 20, 2 menit)
3.        Jelaskan prinsip dasar yang digunakan mendeleev dalam pengelompokan unsur-unsur!
(skor total 15, 2 menit)
Jawaban,

 
 






4.      Bagaimana  cara Newlands mengelompokan unsur-unsur? Jelaskan!
(skor total 15, 2 menit)
Jawaban,

 
 







Lampiran 4

LKS
PENUGASAN

Tentukan konfigurasi elektron dari unsur-unsur berikut :
unsur
Nomor atom

Konfigurasi Elektron
Elektron Valensi
K
L
M
N
O
P
Q
Al
13
2
8
3




3
O
8
2
6





6
Mg
12
2
8
2




2
Fe
26
2
8
8
8



8
Ar
18
2
8
8




8
Zn
30
2
8
18
2



2
Ag
47
2
8
18
18
1


1
Pb
83
2
8
18
32
18
4

4
Au
79
2
8
18
32
18
1

1

1.       Pengelompokan unsur menurut Doberiener, dikenal dengan hukum….
 



2.       Hukum yang menyatakan bahwa unsur pertama mirip dengan unsur ke delapan disebut….
 

                                                                      

3.       Unsur yang memiliki sifat serupa yang ditempatkan pada jalur vertikal pada sistem periodik modern adalah…..
 

                                                 

4.       Lajur horizontal dalam sistem periodik modern disebut….
 



5.       Seorang kimiawan Inggris yang menemukan sistem periodik modern adalah….
 



Skor : 10
B.      Temukan kearah vertikal, horizontal dan diagonal untuk menemukan 5 kata yang berhubungan dengan ilmuan dala perkembangan sistem periodik!
 








K
                                                                                                                                    








                                                                                                                    

Skor : 25                                                                                                    

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us !

konten

Tracking

Custumer Support

Product :

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Pengikut

Cari Blog Ini