Template Information

TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Banyak  teori tentang belajar yang telah berkembang mulai abad ke 19 sampai sekarang ini. Pada awal abad ke-19 teori belajar yang berkembang pesat dan memberi banyak sumbangan terhadap para ahli psikologi adalah teori belajar tingkah laku (behaviorisme) yang awal mulanya dikembangkan  oleh psikolog Rusia Ivan Pavlov (tahun 1900-an) dengan teorinya yang dikenal dengan istilah pengkondisian klasik (classical conditioning) dan kemudian teori belajar tingkah laku ini dikembangkan oleh beberapa ahli psikologi yang lain seperti Edward Thorndike, B.F Skinner dan Gestalt.
Teori belajar behaviorisme ini berorientasi pada hasil yang dapat diukur dan diamati. Pengulangan dan pelatihan digunakan supaya perilaku yang diinginkan dapat menjadi kebiasaan. Hasil yang diharapkan dari penerapan teori behavioristik ini adalah terbentuknya suatu perilaku yang diinginkan. Perilaku yang diinginkan mendapat penguatan positif dan perilaku yang kurang sesuai mendapat penghargaan negatif. Evaluasi atau Penilaian didasari atas perilaku yang tampak. Dalam teori belajar ini guru tidak banyak memberikan ceramah,tetapi instruksi singkat yang diikuti contoh baik dilakukan sendiri maupun melalui simulasi.
Di awal abad 20 sampai sekarang ini teori belajar behaviorisme mulai ditinggalkan dan banyak ahli psikologi yang baru lebih mengembangkan teori belajar kognitif dengan asumsi dasar bahwa kognisi mempengaruhi prilaku. Penekanan kognitif menjadi basis bagi pendekatan untuk pembelajaran. Walaupun teori belajar tigkah laku mulai ditinggalkan diabad ini, namun mengkolaborasikan teori ini dengan teori belajar kognitif dan teori belajar lainnya sangat penting untuk menciptakan pendekatan pembelajaran yang cocok dan efektif, karena pada dasarnya tidak ada satupun teori belajar yang betul-betul cocok  untuk menciptakan sebuah pendekatan pembelajaran yang pas dan efektif.

 B.     RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini sebagai berikut :
Ø  Bagaimana teori behaviorisme dalam pembelajaran
Ø  Bagaimana teori kepribadian pembiasaan klasikal menurut Pavlov
Ø  Bagaimana teori kepribadian pengkondisian operan menurut Skinner
Ø  Bagaimana teori belajar social menurut Bandura
Ø  Bagaimana implikasi teori kepribadian behavioristik terhadap bimbingan dan konseling
C.    TUJUAN
Adapun tujuan dalam makalah ini sebagai berikut :
Ø  Mengetahui teori behaviorisme dalam pembelajaran
Ø  Mengetahui teori kepribadian pembiasaan klasikal menurut Pavlov
Ø  Mengetahui teori kepribadian pengkondisian operan menurut Skinner
Ø  Mengetahui teori belajar social menurut Bandura
Ø  Mengetahui implikasi teori kepribadian behavioristik terhadap bimbingan dan konseling


0 komentar:

Poskan Komentar

Contact Us !

konten

Tracking

Custumer Support

Product :

Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Share It

Pengikut

Share It

Cari Blog Ini

Memuat...